Proses pembelajaran harus
selalu dinamis, terutama dalam pemanfaatan hasil teknologi yang digunakan
menyampaikan pembelajaran. Seorang guru, seyogyanya tidak hanya mampu menggunakan
alat-alat yang ada di sekolah sebagai media pembelajaran, melainkan juga harus mulai
berani mengembangkan media yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru di dunia pendidikan.
Salah satu keberhasilan dari pembelajaran adalah bagaimana guru memutuskan
untuk memilih dan menggunakan media pada pada proses pembelajaran.
Kata media berasal dari Bahasa
Latin, yaitu medius. Arti kata medius adalah tengah, perantara, atau pengantar. Media
juga dapat diartikan sebagai alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyampai
pesan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media juga berfungsi dan berperan
mengatur hubungan efektif guru dan siswa dalam proses pembelajaran,
Dalam pembelajaran di
kelas, terlebih di era sekarang tentu saja berbeda dengan beberapa tahun lalu
baik dari segi kurikulum juga karakteristik siswa yang terbentuk dari kebiasaan
lingkungan keluarga dan masyarakat. Kita bisa amati dalam pembelajaran yang disajikan
seorang guru pada jenjang yang sama.
Beberapa tahun lalu kelereng
sangat menarik digunakan untuk media pembelajaran pada materi berhitung
penjumlahan dan pengurangan siswa kelas satu. Apakah saat ini media itu masih
relevan jika dilakukan dalam pembelajaran?
Melihat karakteristik siswa kelas rendah,
berpikir konkrit masih sangat dibutuhkan dengan menggunakan media atau benda
nyata, tetapi tentu saja seorang guru juga
harus terus menyajikan media tersebut dengan penampilan baru. Bisa saja dikemas
melalui sebuah game atau digabungkan dengan strategi pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran juga karakteristik siswa. Hal ini perlu dilakukan
untuk penyeimbang dari perkembangan teknologi yang tidak bisa kita lepaskan
dari mereka. Pada kenyataannya tidak sedikit siswa kelas satu yang lebih suka berlama-lama
dengan gadget dan memainkan game yang tersedia baik secara online maupun offline.
Margiati: 2016, melakukan
penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan
teknologi digital dengan judul “Pengembangan Media JuRaSik untuk Meningkatkan
Kemampuan Berhitung pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Penelitian ini memanfaatkan
aplikasi Construct 2 untuk membuat
sebuah materi dan game berhitung dengan
memadukan audio visual. Penelitian ini diharapkan dapat memfasilitasi dari
semua gaya belajar siswa yang kita ketahui antara lain auditori, visual,
kinestetik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan mampu meningkatkan motivasi siswa
dalam belajar materi berhitung. Siswa melihat sesuatu yang baru dan melakukan
kegiatan belajar dengan senang menggunakan gadget
yang tidak kita pungkiri saat ini tidak asing bagi mereka dan setiap saat
mereka memegang dan menggunakannya. Tentu saja penelitian tersebut juga masih
ada beberapa kelemahan yang akan disempurnakan oleh peneliti lainnya atau
peneliti sendiri.
Selain membangkitkan
antusiasme siswa dalam belajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran, media
diharapkan juga dapat memperbaharui semangat siswa terhadap sesuatu yang baru
setiap harinya. Beberapa fungsi dari media bisa kita lihat dari beberapa hal,
diantaranya:
1. Fungsi
Atensi
Fungsi inti dari media pembelajaran
yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk komsentrasi kepada materi
pembelajaran.
2. Fungsi
Afektif
Salah satu fungsi dari media
pembelajaran yang dapat dilihat dari tingkat kenyamanan siswa ketika belajar
atau membaca teks yang bergambar.
3. Fungsi
Kognitif
Salah satu fungsi dari media pembelajaran
yang terlihat dari tampilannya. Tampilan materi pembelajaran dapat memperlancar
pencapaian tujuan untuk mengingat dan memahami informasi atau pesan yang ada
dalam materi pembelajaran.
4. Fungsi
Kompensatoris
Salah satu fungsi dari media
pengetahuan yang dapat dilihat dari hasil penelitian. Media pembelajaran berfungsi
untuk mengakomodasikan siswa yang lemah atau lambat menerima dan memahami isi
pelajaran yang disajikan dengan teks atau secara verbal.
Mengingat begitu
pentingnya media pembelajaran dalam membantu proses belajar dan mencapai tujuan
pembelajaran, maka hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. Pemilihan
media pembelajaran
2. Objektifitas
Media Pembelajaran
3. Memahami
kelebihan setiap media pembelajaran
4. Memahami
karakteristik setiap media pembelajaran
5. Syarat
memilih media pembelajaran
6. Faktor
yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran
Yang paling utama adalah
bagaimana seorang guru tidak pernah berhenti berupaya menciptakan suasana
pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu cara adalah selalu mengaplikasikan
ide-ide baru dalam pengembangan media pembelajaran terlepas apapun
kurikulumnya.
0 Comments
Sangat senang mendapat jejak komentar dari Anda