Seberapa Besar Pengaruh Media pada Pembelajaran





Proses pembelajaran harus selalu dinamis, terutama dalam pemanfaatan hasil teknologi yang digunakan menyampaikan pembelajaran. Seorang guru, seyogyanya tidak hanya mampu menggunakan alat-alat yang ada di sekolah sebagai media pembelajaran, melainkan juga harus mulai berani mengembangkan media yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru di dunia pendidikan. Salah satu keberhasilan dari pembelajaran adalah bagaimana guru memutuskan untuk memilih dan menggunakan media pada pada proses pembelajaran.

Kata media berasal dari Bahasa Latin, yaitu medius. Arti kata medius adalah tengah, perantara, atau pengantar. Media juga dapat diartikan sebagai alat bantu yang dapat digunakan sebagai penyampai pesan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media juga berfungsi dan berperan mengatur hubungan efektif guru dan siswa dalam proses pembelajaran,

Dalam pembelajaran di kelas, terlebih di era sekarang tentu saja berbeda dengan beberapa tahun lalu baik dari segi kurikulum juga karakteristik siswa yang terbentuk dari kebiasaan lingkungan keluarga dan masyarakat. Kita bisa amati dalam pembelajaran yang disajikan seorang guru pada jenjang yang sama.

Beberapa tahun lalu kelereng sangat menarik digunakan untuk media pembelajaran pada materi berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas satu. Apakah saat ini media itu masih relevan jika dilakukan dalam pembelajaran?

Melihat karakteristik siswa kelas rendah, berpikir konkrit masih sangat dibutuhkan dengan menggunakan media atau benda nyata, tetapi tentu saja  seorang guru juga harus terus menyajikan media tersebut dengan penampilan baru. Bisa saja dikemas melalui sebuah game atau digabungkan dengan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran juga karakteristik siswa. Hal ini perlu dilakukan untuk penyeimbang dari perkembangan teknologi yang tidak bisa kita lepaskan dari mereka. Pada kenyataannya tidak sedikit siswa kelas satu yang lebih suka berlama-lama dengan gadget dan memainkan game yang tersedia baik secara online maupun offline.

Margiati: 2016, melakukan penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital dengan judul “Pengembangan Media JuRaSik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Penelitian ini memanfaatkan aplikasi Construct 2 untuk membuat sebuah materi dan game berhitung dengan memadukan audio visual. Penelitian ini diharapkan dapat memfasilitasi dari semua gaya belajar siswa yang kita ketahui antara lain auditori, visual, kinestetik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar materi berhitung. Siswa melihat sesuatu yang baru dan melakukan kegiatan belajar dengan senang menggunakan gadget yang tidak kita pungkiri saat ini tidak asing bagi mereka dan setiap saat mereka memegang dan menggunakannya. Tentu saja penelitian tersebut juga masih ada beberapa kelemahan yang akan disempurnakan oleh peneliti lainnya atau peneliti sendiri.

Selain membangkitkan antusiasme siswa dalam belajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran, media diharapkan juga dapat memperbaharui semangat siswa terhadap sesuatu yang baru setiap harinya. Beberapa fungsi dari media bisa kita lihat dari beberapa hal, diantaranya:
1.    Fungsi Atensi
Fungsi inti dari media pembelajaran yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk komsentrasi kepada materi pembelajaran.
2.    Fungsi Afektif
Salah satu fungsi dari media pembelajaran yang dapat dilihat dari tingkat kenyamanan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar.
3.    Fungsi Kognitif
Salah satu fungsi dari media pembelajaran yang terlihat dari tampilannya. Tampilan materi pembelajaran dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk mengingat dan memahami informasi atau pesan yang ada dalam materi pembelajaran. 
4.    Fungsi Kompensatoris
Salah satu fungsi dari media pengetahuan yang dapat dilihat dari hasil penelitian. Media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah atau lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau secara verbal.

Mengingat begitu pentingnya media pembelajaran dalam membantu proses belajar dan mencapai tujuan pembelajaran, maka hal yang perlu diperhatikan adalah:
1.    Pemilihan media pembelajaran
2.    Objektifitas Media Pembelajaran
3.    Memahami kelebihan setiap media pembelajaran
4.    Memahami karakteristik setiap media pembelajaran
5.    Syarat memilih media pembelajaran
6.    Faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran

Yang paling utama adalah bagaimana seorang guru tidak pernah berhenti berupaya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Salah satu cara adalah selalu mengaplikasikan ide-ide baru dalam pengembangan media pembelajaran terlepas apapun kurikulumnya.






           

Post a Comment

0 Comments